Rapat Persiapan Operasi Pasar Murah (OPM) dalam rangka menghadapi Hari Besar Keagamaan Hari Raya Idul Adha Tahun 2022

Menindaklanjuti Zoom Meeting terkait pelaksanaan kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) yang akan di fasilitasi oleh BI maka dilakukan koordinasi antara Bagian Perekonomian Kab. Lobar beberapa OPD teknis seperti Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Pertanian, dan Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Lombok Barat terkait pelaksanaan kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) dalam rangka menghadapi hari besar keagamaan yakni Hari Raya Idul Adha. Adapun hasil rapat tersebut adalah :

         WAKTU DAN TEMPAT PELAKSANAAN PASAR MURAH

            Kegiatan Pasar murah ini direncanakan pelaksanaannya selama satu minggu yakni dimulai  pada :

  • Taman Kota Gerung : Tanggal, 30 Juni 2022 dan 1 Juli 2022
  • Kantor Camat Sekotong : Tanggal, 4 dan 5 Juli 2022
  • Kantor Desa Mekar Sari Kecamatan Narmada : Tanggal, 6 dan 7 Juli 2022

JENIS KOMODITI

Adapun jenis komoditi akan di dukung oleh Dinas Ketahanan Pangan, Dinas Pertanian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Lombok Barat yaitu:

    1. Minyak Goreng Curah
    2. Telur
    3. Ikan
    4. Cabai Merah
    5. Bawang Merah

KESERAGAMAN HARGA

Dalam pelaksanaan kegiatan pasar murah ada keseragaman harga untuk komoditas yang ditawarkan terhadap OPD teknis yang mengikuti kegiatan tersebut khususnya pada Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pertanian Kab. Lombok Barat.

Agar dalam pelaksanaan kegiatan operasi pasar murah di pasang spanduk/banner yang menunjukan masing-masing harga komoditas/barang yang akan dipasarkan.

Apabila dimungkinkan agar Pihak Bank Indonesia (BI) memberikan subsidi harga terhadap kegiatan pasar murah tersebut.

SARANA DAN PRASARANA

Diharapkan agar Bank Indonesia (BI) dapat memfasilitasi kegiatan pasar murah tersebut dalam penyediaan terop, meja, kursi, subsidi harga, transport dan konsumsi peserta dalam pelaksanaan kegiatan pasar murah berlangsung.

KESIMPULAN DAN TINDAK LANJUT

  1. Agar dilakukan sosialisasi ke Desa/Lingkungan sekitar terhadap pelaksanaan operasi pasar murah melalui surat, media sosial, atau pengumuman di masjid.
  2. OPD teknis agar melakukan koordinasi yang intens dengan Bagian Ekonomi Setda Kab. Lobar terhadap persiapan pasar murah tersebut agar dapat berlangsung dengan baik.
  3. Agar melibatkan Dinas Kominfo Kab. Lobar untuk dokumentasi pelaksanaan kegiatan pasar murah untuk mendukung kegiatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Kab. Lobar.
  4. Agar Bagian Ekonomi Setda Kab. Lobar melakukan koordinasi dengan Bagian Protokol terkait pelaksanaan kegiatan Pasar Murah tersebut terkait susunan acara.

 

 

 

Reporter:
admin

Share: