Rapat koordinasi terkat ketersediaan/pasokan dan harga minyak goreng curah di Kabupaten Lombok Barat

Rapat ini diikuti oleh Tim TPID Kabupaten Lombok Barat dipimpin oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan, Rusditah S.sos pada hari Selasa tanggal 5 April 2022 bertempat di Ruang Kerja Asisten Perekonomian dan Pembangunan

  1. TUJUAN RAPAT
  1. Pengamanan pokok bahan pokok pengamanan bahan pokok puasa dan idul fitri tahun 2022/1443H di Kabupaten Lombok Barat.
  2. Mengatasi kelangkaan minyak goreng yang terjadi 1 bulan terkahir.
  3. Keterlambatan pengiriman bahan bakar solar yang cukup memberikan tekanan terhadap peningkatan harga

 

  1. POKOK PEMBAHASAN

Apakah yang akan menjadi tindak lanjut/langkah yang tepat dalam rangka mengamankan stok minyak goreng curah. Walaupun Kabupaten Lombok Barat tidak memiliki distributor, namun jalur distribusi khususnya pelabuhan lembar sangat berpengaruh dalam pendistribusian minyak goreng yang masuk ke NTB.

 

  1. KESIMPULAN/REKOMENDASI:
  1. Adanya perbedaan harga antara distributor induk dan distributor pasar terkait minyak goreng curah yang ada dipasaran.
  2. Untuk Pedagang eceran masih mencari keuntungan dari penjualan minyak goreng curah yang berada di pasaran.
  3. Dibantu oleh Tim TPID Kabupaten Lombok Barat melakukan pemasangan spanduk di beberapa pasar tentang standar harga pasar minyak goreng curah di pasaran yaitu Rp 14.000/liter.
  4. Berkoordinasi dengan Kapolres Lombok Barat terkait jadwal monitoring ke gudang distributor terkait ketersediaan minyak goreng curah saat ini mengenai jumlah ketersediaan dan harga di dampingi oleh tim TPID kab. Lombok Barat.
  5. Membuat surat himbauan kepada semua distributor, menindaklanjuti surat dari kementrian perdagangan mengenai harga pasar minyak goreng curah terbaru kepada distributor yang ada, kemudian diteruskan kepada distributor kecil yang ada di pasar untuk saling mengingatkan mengenai harga yang telah ditetapkan oleh pemerintah
Reporter:
admin

Share: