Capacity Building Tim Teknis TPID Balinusra.

Sebagai respon tren peningkatan inflasi year on year Balinusra, berbagai upaya terus dilakukan oleh TPID Bali dan Nusa Tenggara dalam rangka kebijakan 4K guna menjaga kestabilan harga, yakni Keterjangkaun harga, ketersediaan pasokan, Kelancaran Distribusi, dan Komunikasi yang efektif. Dalam mencapai keterjangkauan harga dan ketersediaan pasokan, kerja sama antar daerah menjadi salah satu hal penting untuk dilakukan. Ketersediaan pasokan juga rutin dipantau dengan frequensi mingguan untuk melihat kondisi riil di lapangan. Oleh karenanya, akurasi data neraca pangan menjadi sangat fundamental sebagai dasar pertimbangan melakukan kerja sama antar daerah. Oleh karena itu dilakukan kegiatan Capacity Building dalam penyusunan laporan dan neraca pangan dalam kegiatan Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID).

KESIMPULAN

  • Sinergi yang kuat antara pemerintah daerah dengan stakeholder melalui implementasi dan inovasi program yang diarahkan untuk menjaga stabilitas pasokan dan kelancaran distribusi dengan peningkatan pemenuhan pasokan baik dari dalam wilayah maupun luar wilayah melalui kerja sama antar daerah (KAD) sehingga inflasi tahun 2022 dapat terkendali.
  • Langkah nyata yang dilakukan untuk menangani inflasi salah satunya melalui operasi pasar. Upaya Pemerintah dalam menangani inflasi yaitu dengan melaksanakan operasi pasar secara berkala, baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di NTB agar masyarakat yang betul-betul terkena dampaknya tidak terlalu memberatkan.
Reporter:
admin

Share: