Kegiatan Pasar Murah di Desa taman Sari Kecamatan Batu Layar

Pelaksanaan kegiatan operasi pasar murah didasari adanya kenaikan beberapa bahan kebutuhan pokok seperti telur, minyak goreng, gula pasir dan aneka cabai pada saat menjelang Hari Keagamaan besar nasional (HKBN) Natal 2021 dan Tahun baru 2022. Tujuan dilaksanakannya operasi pasar murah adalah untuk menjaga daya beli masyarakat dan dalam rangka menstabilkan harga beberapa bahan kebutuhan pokok pasca kenaikan menjelang HKBN Natal 2021 dan Tahun Baru 2022.Kegiatan dilaksanakan dari pukul 7.30 – 12.00 Wita di halaman Kantor Desa Taman Sari. Kegiatan OPM ini merupakan kerjasama antara TPID Lombok Barat dengan OPD terkait, Bulog, Dinas Ketahanan Pangan Provinsi NTB serta para distributor, pedagang dan UMKM.

Beberapa OPD yang terlibat pada kegiatan ini yaitu Dinas Pertanian Lombok Barat dengan program Pasar Tani, menyediakan produk pertanian peternakan seperti aneka cabe, bawang merah, bawang putih, kol, seledri dan telur ayam ras. Dinas Ketahanan Pangan dengan Program Gelar Pangan Murah menyediakan aneka cabai, tomat, bawang merah, bawang putih. Dinas Kelautan dan Perikanan dengan produk garam dari Koperasi Bina Laut dan terasi dari UKM Puteri Pesisir.

Bulog menyediakan aneka varian beras, gula pasir dan minyak goreng. Pasar Mitra Tani Dinas Ketahanan Pangan Prov. NTB menyediakan beras, minyak goreng, telur ayam ras, bawang merah dan bawang putih.

JB Mart dan Indomaret menyediakan minyak goreng, beras, gula pasir, popok bayi, susu bear brand, paket minuman dan snack. Harga yang ditawarkan para distributor dan penjual adalah harga tingkat distributor/tingkat petani (dibawah harga pasar). OPM mendapat sambutan hangat dari masyarakat. Lokasi OPM diramaikan masyarakat yang berbelanja kebutuhan sehari-hari.

Wakil Bupati Lombok Barat didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan hadir melaksanakan monitoring kegiatan OPM tersebut. Dalam kesempatan tersebut, Wakil Bupato Lobar menyampaikan bahwa maksud diadakan kegiatan OPM ini adalah sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Daerah Lombok Barat dalam menjaga daya beli masyarakat. Lebih lanjut, diharapkan harga-harga yang naik hari ini bisa kembali stabil, beberapa komoditi sudah kembali ke harga normal kecuali minyak goreng. Kedepan beliau mengharapkan kegiatan seperti ini lebih sering diadakan dengan kerjasama lintas OPD dan dengan melibatkan para distributor dan pedagang.

 

 

 

 

Reporter:
None

Share: